Senin, 16 Desember 2013

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal - Ikan Nila adalah salah satu ikan yang cocok untuk dibudidayakan di kolam terpal selain ikan lele yang juga cukup digemari. Untuk Anda yang berkeinginan untuk melakukan budiaya ikan nila di kolam terpal, ada sejumlah faktor yang mesti dipertimbangkan dalam membuat kolam terpal, yaitu :



Hal hal yang diperhatikan dalam budidaya ikan nila di kolam terpal

 1. Sumber air untuk mengisi kolam terpal dari air sumur, air hujan, dan lain-lain. Namun akan ebih bila kolam terpal letaknya berdekatan saluran irigasi, sungai, danau atau waduk.
2. Ketinggian lokasi yang cocok untuk kolam ikan nila adalah 0 hinga 500 meter di atas permukaaan laut.
3. Untuk usaha pembesaran dengan benih ukuran 20-30 gram/ekor, diperlukan kedalaman air antara 80 hingga 100 cm. Untuk menampung air sedalam 100 cm, dibutuhkan kolam dengan kedalaman sekitar 120 cm.
4. Dasar tanah untuk meletakkan kolam terpal harus rata, begitu juga dengan kerangka yang dipakai, sebaiknya tak berbahan tajam, sebab bisa membuat terpal sobek. Jika tanah tak rata, sebaiknya beri lapisan erupa pelepah batang pisang ataupun sekam padi. Selain berguna meratakan tanah, kedua bahan tersebut bisa menstabilisasi suhu.
5. Dalam pengelolaan air kolam terpal, dibutuhkan sejumlah peralatan yang dibutuhkan untuk menjaga ketersediaan serta memelihara kualitas air. Diantaranya seperti Aerator atau blower  yang hanya dibutuhkan sewaktu-waktu untuk meningkatkan kandungan oksigen, selang atau pipa, dan pompa.

Banyak sekali kelebihan jika kita memulai budidaya ikan nila di kolam terpal,keterbatasan tempat dan modal usaha bisa disolusikan dengan cara budidaya seperti ini.Selain itu kontrol mengenai kualitas ikan selama budidaya akan lebih baik dengan cara ini yang pada akhirnya membawa dampak positif pada hasil akhir panen yang dapa tmenghasilkan kualitas ikan yang super dan bisa menaikkan harga ekonomis dari hasil budidaya ikan nila.

Selain semua benefit diatas dengan budidaya ikan nila di kolam terpal maka rasa ikan akan lebih murni gurihnya mengapa ? karena ikan akan hidup di air yang bersih yang tidak terkontaminasi dengan lumpur dan zat zat kimia lainnya.

Demikianlah beberapa tips dan cara budidaya ikan nila di kolam terpal yang semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin membangun usaha budidaya ikan nila. Semoga bermanfaat dan selamat berusaha.

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim

0 comments:

Posting Komentar