Minggu, 15 Desember 2013

Cara Budidaya Ikan patin di Air Tawar

Cara Budidaya Ikan patin di Kolam Terpal - Ikan Patin tergolong ikan yang cepat besar sehingga, jika mulai dari bibit kan diberi makan tambahan, saat mereka mencapai usia 6 bulan, panjang badannya sudah dapat mencapai 35 hingga 40 cm. Supaya proses pertumbuhan bibit lebih cepat, maka sebaiknya ikan patin dibudidayakan di kolam dengan air mengalir secara teratur.Ikan patin merupakan ikan dengan kandungan protein yang tinggi dan rendah kolesterol dan oleh sebab itulah maka ikan patin sangat digemari sebagai makanan konsumsi yang menyehatkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita memilih habitat sebagai cara budidaya ikan patin di air tawar. Yaitu :


  1. Pilih jenis tanah lempung atau tanah liat serta tak berporos, sebab tanah jenis ini adalah tanah yang bagus untuk dijadikan kolam tempat pemeliharaan ikan.
  2. Pilih tanah yang memiliki kemiringan 3 hingga 5 persen, agar aliran air ke kolam dapat lebih mudah secara gravitasi.
  3. Bila anda memiliki pilihan menentukan cara budidaya ikan patin dengan menggunakan sistem jala apung, maka pilih sungai yang memiliki arus lambat.
  4. Pilih habitat ikan patin yang memiliki kualitas air yang bersih, usahakanlah air tak terlalu keruh, air pun tak boleh tercemari dengan bahan kimia maupun limbah.
  5. Usahakanlah suhu air di kisaran 26 hingga 28 derajat celcius saat masa penetasan telur menjadi larva yang siap untuk dimasukan ke dalam akuarium. Untuk daerah yang memiliki suhu air yang cenderung rendah, dibutuhkan heater ataupun pemanas agar suhu air tetap stabil serta memcapai suhu yang optimal.
  6. Usahakanlah supaya memiliki kolam air yang memilikii keasaman sekitar 6,5 hingga 7.
Cara pembenihan ikan patin di air twar sebaiknya pilih lokasi kolam peternakan yang lokasinya dekat dengan sumber air serta bebas banjir. Untuk memudahkan sistem pengairan ke dalam kolam ikan patin, sebaiknya kolam dibangun di lokasi lahan yang landai serta memiliki kemiringan 3 hingga 5 persen. Hal ini bertujuan supaya air mudah serta lancar mengalir ke kolam.

Budidaya ikan patin semakin hari semakin berkembang dan banyak peminatnya hal ini tidak lain karena dorongan permintaan akan ikan patin sebagai bahan konsumsi semakin tinggi.Di pulau jawa sendiri permintaan ikan patin setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan.

Bisnis budidaya ikan patin jika dijalankan dengan disiplin dan baik maka bisa menjadi bisnis jangka panjang yang cukup menjanjikan dan cukup memberikan keuntungan yang besar. Jika anda memiliki lahan yang nganggur maka setelah membaca artikel ini mungkin budidaya ikan patin bisa menjadi salah satu pilihan dalam bisnis budidaya yang akan anda terjuni.

Bagaimana ...apakah anda tertarik untuk mencoba berbisnis dengan budidaya ikan patin ? cukup menjanjikan bukan ? apalagi jika ditunjang dengan penyediaan fasilitas rumah makannya,pasti akan menjadi bisnis yang sangat menjanjikan.

Demikian artikel dan sedikit ulasan kami mengenai budidaya ikan patin semoga bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca sekalian,terima kasih.

Cara Budidaya Ikan patin di Air Tawar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim

0 comments:

Posting Komentar