Minggu, 22 Desember 2013

Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal - Meski permintaan ikan mas di tingkat pasar lokal ikan mas dan selalu mengalami pasang surut, akan tetapi, dilihat dari jumlah hasil penjualan rata-rata ikan mas pertahunnya selalu mengalami kenaikan. Ikan mas adalah salah satu ikan yang banyak disukai masayarakat Indonesia. Sehingga membudidayakan ikan mas adalah salah satu pilihan tepat.



Faktor-faktor keberhasilan dalam usaha budidaya ikan mas diantara adalah :
  • Tersedianya tanah yang baik seagai kolam pemeliharaan, yakni jenis tanah liat/lempung, tak berporos. Jenis tanah tersebut bisa menahan massa air yang besar serta tak bocor sehingga bisa dibuat seagai pematang/dinding kolam.
  • Kemiringan tanah sebaiknya berkisar antara 3 hingga 5 persen untuk memudahkan pengairan air pada kolam secara gravitasi.
  • Ikan mas bisa tumbuh normal bila lokasi pemeliharaan ada di ketinggian antara 150 hingga 1000 m dpl.     
  • Kualitas air untuk budidaya ikan mas haruslah bersih, tak terlalu keruh serta tak tercemar bahan kimia beracun serta minyak amupun limbah pabrik.     
  • Ikan mas bisa berkembang pesat di sawah, kakaban, kolam serta sungai air deras. Kolam dengan sistem pengairannya yang mengalir sangatlah baik untuk pertumbuhan serta perkembangan fisik ikan mas. Debit air kolam air tenang adalah 8-15 liter/detik/ha, sementara pembesaran di kolam air deras debitnya adalah 100 liter/menit/m3
  • Tingkat keasaman air (pH) yang baik yaitu diantara 7-8.
  • Suhu air yang baik berkisar diantara 20-25 derajat Celcius.

Realisasi usaha budidaya ikan mas
Penyiapan Sarana serta Peralatan
1) Kolam
Lokasi kolam sebakinya dekat dengan sumber air serta bebas banjir. Bangun kolam di lahan yang landai dengan kemiringan 2 hingga 5 persen sehingga akan memudahkan pengairan kolam secara gravitasi.

2) Peralatan
Peralat yang biasanya dipakai dalam usaha pembenihan ikan mas diantaranya yaitu waring (anco), jala, hapa (kotak dari jaring/kelambu untuk menampung sementara induk ataupun benih), ember-ember, seser, baskom bermacam ukuran, timbangan skala kecil (gram) serta besar (kg), arit, pisau, cangkul dan  piring secchi (secchi disc) untuk mengukur kadar kekeruhan, dll.


3) Persiapan media
Dalam menyiapkan media budidaya ikan mas di kolam terpal, yang perlu dilakukan yaitu mengeringkan kolam selama beberapa hari, kemuidan dilakukan pengapuran untuk agar hama serta ikan-ikan liar hilang. sebanyak 25-200 gram/meter persegi, diberikan pemupukan yang berupa pupuk buatan, yakni urea serta TSP yang masing-masing dengan dosis 50-700 gram/meter persegi, dapat pula ditambahkan dengan pupuk buatan yang berupa urea serta TSP masing-masing dengan dosis 15 gram serta 10 gram/meter persegi.

Demikianlah cara budidaya ikan mas di kolam terpal yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba dan selamat berusaha.

Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim

0 comments:

Posting Komentar