Jumat, 30 Mei 2014

Cara Budidaya Kelapa Sawit Agar Tumbuh Subur

Budidaya Kelapa sawit adalah bahan dasar utama untuk membuat minyak goreng. Kelapa sawit ini bisa Anda temukan dengan mudah di Indonesia. Salah satu penghasil kelapa sawit di Indonesia adalah pulau Sumatra. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk melakukan budidaya kelapa sawit, tentunya mau tak mau Anda harus memperhatikan prosedur penanaman kelapa ini. Hal tersebut perlu Anda lakukan agar kelapa yang Anda hasilkan bisa memiliki kualitas yang unggul dan dapat bersaing di pasaran. Berikut ini adalah informasi tentang cara membudidayakan kelapa sawit agar Anda bisa menghasilkan kelapa yang berkualitas bagus.
Cara Budidaya Kelapa Sawit Agar Tumbuh Subur

Langkah Langkah Cara Budidaya Kelapa Sawit 

Memperhatikan Iklim dan Media Tanam Kelapa Sawit
Saat Anda berniat melakukan budidaya kelapa sawit, maka Anda tak bisa serta merta langsung menanamnya tanpa memperhatikan iklim dan media tanamnya.  Kelapa sawit tidak boleh terkena sinar matahari terus-terusan. Kelapa tersebut hanya bisa mendapatkan sinar matahari 5 sampai 7 jam saja. Sedangkan untuk lahannya, kelapa sawit bisa tumbuh dengan baik di tanah lempung. Tanah yang ia butuhkan adalah tanah yang bisa menyerap banyak air dan tentunya tidak berbatu. Untuk ph tanahnya, Anda harus memilih media tanam dengan ph 4 sampai 6 saja agar sawit bisa tumbuh subur.
Melakukan Penyemaian dan Pembibitan
Budidaya kelapa sawit dimulai dari kegiatan penyemaian, yaitu kegiatan menanam kecambah ke dalam polybag hingga nantinya kecambah tersebut memiliki daun. Daun pada kecambah tersebut biasanya akan keluar setelah 3 atau 4 bulanan dan Anda bisa memindahkan kecambah berdaun tersebut ke polybag lain. Setelah itu, Anda bisa melakukan pemeliharaan terhadap bibit hasil persemaian tersebut. Caranya, Anda hanya perlu menyiraminya 2 kali sehari, menyiangi gulma atau rumput pengganggu setiap 2 atau 3 kali setiap bulannya, menyeleksi tanaman, dan melakukan pemupukan.
Menanam Kelapa Sawit

Budidaya kelapa sawit tak mungkin terlepas dari yang namanya teknik penanaman. Teknik penanaman kelapa sawit dimulai dari menentukan pola penanaman. Pola yang sering digunakan adalah pola tumpang sari. Setelah itu, Anda juga harus membuat lubang yang jarak lubang satu dan yang lain berjarak 1,5 meter. Kemudian, Anda bisa langsung menanam bibit kelapa sawit setelah hujan. Hal tersebut perlu Anda perhatikan supaya tanah memiliki kadar air yang cukup. Jangan lupa untuk menyirami secara rutin dan memberikan pupuk secara berkala supaya kelapa sawit bisa tumbuh dengan baik. 

Budidaya kelapa sawit merupakan konsep bisnis jangka panjang, sehingga memerlukan kesabaran dan telaten untuk mendapatkan hasil yang optimal. Anda tidak usah kuatir karena permintaan akan buah sawit semakin meningkat jumlahnya per tahun. Oleh karena dasar itulah maka bisnis budidaya kelapa sawit masih merupakan salah satu bisnis yang masih sangat diminati pada saat ini dan kedepan.

Semoga informasi tentang pembudidayaan kelapa sawit di atas bisa bermanfaat bagi para pembaca. 

Cara Budidaya Kelapa Sawit Agar Tumbuh Subur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar