Sabtu, 24 Mei 2014

Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Potong

Usaha ternak ayam potong bisa menjadi salah satu investasi yang besar sekaligus menawarkan keuntungan jangka pendek. Dengan banyaknya usaha makanan yang menyajikan ayam sebagai menu utama, bisa meningkatkan potensi keberhasilan dalam usaha ini.Pangsa pasar yang jelas dan cenderung untuk selalu tumbuh seakan memberikan janji indah pada bisnis ternak ayam potong ini. Mereka yang tertarik untuk memulai usaha ini perlu mengikuti beberapa langkah sebagai persiapan agar usaha bisa lebih berhasil.
Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Potong

Faktor yang mempengaruhi usaha ternak ayam potong


Mempersiapkan kandang
Kandang yang digunakan untuk usaha ternak ayam potong harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Atap yang digunakan harus kuat dan tidak bocor ketika hujan turun. Sediakan ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara. Sinar matahari di pagi hari harus bisa masuk ke dalam kandang. Pastikan jarak kandang satu dengan yang lain cukup jauh. Saluran air yang ada di sekitar kandang harus dipastikan lancar. Agar proses pembersihan lebih cepat dan mencegah genangan air, buat lantai kandang yang miring satu ataupun ke dua arah. Tidak lupa bahan dan konstruksi pada kandang harus tahan lama dan kuat. Kandang merupakan faktor mendasar untuk suskses dalam bisnis ternak ayam potong ini, banyak yang memulai usaha ternak ayam potong ini dan mengalami kegagalan karena kurang memperhatikan detil dari kandang ayamnya.
Menyediakan peralatan kandang
Beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan untuk ternak ayam potong adalah seperti tempat pakan dan minum ayam, layar atau tirai untuk menutup kandang, seng untuk melindungi anak ayam, serta alat semprot untuk desinfektan. Peralatan ini perlu disediakan dalam jumlah yang cukup. Kekurangan jumlah peralatan tersebut bisa membuat kebutuhan ayam potong juga kurang terpenuhi. Persiapkan semua peralatan yang diperlukan dengan benar dan jangan pernah menyepelekan semua aspek yang diperlukan, ingat sedikit saja anda lalai atau teledor dalam bisnis ayam potong ini maka siap siap untuk mendapatkan kerugian.
Menyediakan bibit ayam potong
Anak ayam potong yang cocok untuk diternakkan setidaknya harus memenuhi beberapa kriteria. Berat minimal anak ayam tidak kurang dari 39 gram, bulunya bersih dan kering, lincah dan tidak cacat, serta tidak menunjukkan tanda bahwa ayam memiliki penyakit tertentu. Sekali lagi pemilihan bibit ayam potong harus benar benar disesuaikan dengan kultur daerah dari tempat dimana kandang didirikan, bibit ayam potong masing masing mempunyai karakteristik masing masing. Pandai pandai anda dalam memilih bibit ayam potong, pilih karakter bibit yang benar benar sesuai dengan aspek aspek tempat dimana anda mendirikan kandang.
Mempersiapkan pakan
Standar pakan yang sesuai untuk ayam potong adalah pakan dengan kandungan nutrisi yang cukup untuk ayam. Perlu diperhatikan, pemberian pakan anak ayam berbeda-beda sesuai dengan umurnya. Kemudian, pastikan juga bahwa pakan tidak menimbulkan diare pada ayam potong.Mengenai pakan ayam juga merupakan hal vital dalam bisnis ayam potong, lakukan riset untuk pemberikan pakan yang paling efisien untuk memaksimalkan hasil panen ayam potong anda.
Keempat hal di atas merupakan persiapan utama yang perlu dilakukan untuk usaha ternak ayam potong. Tidak kalah penting dengan persiapan di atas, perlu juga dipersiapkan obat-obatan, sebagai bentuk persiapan sekaligus pencegahan agar ayam lebih tahan terhadap penyakit. Beberapa obat-obatan yang perlu dipersiapkan adalah vaksin, antibiotik, dan vitamin. Lakukan semua tindakan pencegahan penyakit untuk menimalisir angka kematian ayam potong anda.Tempatkan orang yang benar benar kompeten untuk merawat ayam potong anda.

Demikian sedikit ulasan dan gambaran mengenai usaha bisnis ayam potong yang bisa kami share ke para pembaca sekalian.

Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Potong Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar