Jumat, 23 Mei 2014

Persiapan Yang Diperlukan Untuk Ternak Ayam Petelur

Ayam petelur dapat meningkatkan pendapatan jika dibudidayakan secara serius. Ayam petelur sendiri merupakan ayam betina yang secara khusus dipelihara untuk diambil telurnya saja. Saat ini, usaha ternak ayam petelur merupakan salah satu usaha yang banyak dilakoni. Untuk memulai usaha ternak ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, sebagaimana yang akan disampaikan berikut ini.
Persiapan Yang Diperlukan Untuk Ternak Ayam Petelur

Persiapan bibit
Bibit ayam petelur yang baik untuk dibudidayakan untuk ternak ayam petelur memerlukan kriteria tertentu. Kriteria tentu saja berkaitan dengan produksi telur. Bibit yang dipilih adalah bibit yang dapat menghasilkan telur banyak. Namun ada hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu perbandingan ransum yang diberikan dengan telur yang dihasilkan. Ayam petelur yang baik mengonsumsi sejumlah ransum lalu menghasilkan telur lebih banyak dari jumlah yang di makannya. Jadi, sekalipun produksi telurnya banyak namun bila ransum yang dibutuhkan lebih banyak, tentu tidak akan menguntungkan.
Persiapan kandang
Kandang yang tepat untuk ternak ayam petelur perlu memiliki temperatur antara 32,2 sampai 35 derajat Celsius. Hindarkan kandang dari kelembaban. Pastikan pula kandang tidak berlawanan dengan arah mata angin, serta sinar matahari pagi dapat masuk ke dalam kandang. Hindari pembuatan kandang di permukaan yang berbukit karena sirkulasi udara akan terhalang serta akan membahayakan alas kandang bila turun hujan.
Persiapan peralatan
Peralatan yang perlu dipersiapkan terdiri dari alas lantai, tempat bertelur, tempat bertengger, serta tempat makan dan minum ayam petelur. Alas lantai harus selalu dalam kondisi kering. Tebalnya sekitar 10 sentimeter. Bahan yang digunakan sebaiknya merupakan campuran antara sekam, kapur dan pasir. Untuk pengganti sekam bisa digunakan serutan kayu. Tempat bertelur perlu diletakkan lebih tinggi daripada tempat untuk bertengger, agar telur mudah diambil dan tidak terinjak atau dimakan oleh ayam. Sedangkan tempat untuk makan dan minum, dapat terbuat dari berbagai jenis bahan, yang penting kuat, tidak mudah bocor, dan tidak berkarat.

Setelah ketiga hal di atas dipersiapkan, maka ternak ayam petelur pun siap untuk dijalankan. Pada saat menjalankan peternakan ini, faktor pemeliharaan harus tetap diperhatikan dengan benar. Pemeliharaan yang benar sangat berpengaruh pada hasil telur yang didapatkan. Secara khusus perawatan secara rutin harus dilakukan pada kandang dan peralatan yang digunakan oleh ayam petelur. 

Persiapan Yang Diperlukan Untuk Ternak Ayam Petelur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar