Rabu, 28 Mei 2014

Pemeliharaan Akuarium Ikan Hias Air Laut

Pemeliharaan yang perlu dilakukan untuk ikan hias air laut bisa dibilang jauh lebih sulit dan rumit daripada ikan hias air tawar. Sedikit saja salah dalam perawatannya, ikan akan mati. Tentu saja sangat disayangkan, mengingat harga ikan maupun biaya untuk pembuatan akuarium lebih mahal daripada biaya yang dikeluarkan untuk perawatan ikan hias air tawar. Agar ikan hias air asin ini bisa bertahan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, khususnya pada akuarium.
Pemeliharaan Akuarium Ikan Hias Air Laut

Perhatikan suhu, derajat keasinan, dan derajat keasaman
Ikan hias air laut hidup pada suhu tertentu, yaitu antara 23 sampai 28 derajat Celcius. Untuk itu, suhu akuarium harus berada pada suhu tersebut. Untuk derajat keasinan, penghitungan jumlah larutan garam berdasarkan skala seribu unit air. Level keasinan pada air laut adalah 34 sampai 37 bagian untuk setiap seribu unit air. Oleh karena itu, akuarium harus mendekati besaran ukuran ini. Alat yang digunakan untuk mengukur derajat keasinan ini disebut dengan hydrometer atau refraktometer. Sedangkan derajat keasaman atau PH air, ukurannya juga harus sesuai. Cara pengukuran dilakukan dengan menggunakan strip yang banyak terdapat di toko khusus hewan peliharaan.
Pembersihan akuarium
Pertama, singkirkan semua benda yang ada di bagian dasar akuarium. Tempatkan di dalam ember. Guyur benda yang ada di dalam ember dengan air tawar kemudian diaduk. Hindari penggunaan tangan karena bisa jadi ada benda tajam yang terselip di pasir laut. Bila ada pasir yang mengambang, buang pasir dari ember. Ulangi sampai campuran material dan air tampak jernih. Setelah itu keringkan benda-benda tadi. Kemudian dilanjutkan dengan pembersihan dinding kaca ketika akuarium dalam keadaan kering.
Pengisian ulang air akuarium
Setelah langkah di atas dilakukan, akuarium ikan hias air laut perlu diisi lagi dengan air laut. Air laut yang diisikan tentunya harus memperhatikan ketiga hal yang telah disebutkan di awal, yaitu suhu, keasinan, dan keasaman air laut.

Cara pemeliharaan akuarium ikan hias air laut di atas merupakan pembersihan besar. Cara ini tidak perlu sering dilakukan. Pembersihan rutin dilakukan untuk memastikan bahwa air di dalam akuarium tetap terlihat jernih dan tidak menimbulkan aroma tidak sedap. Untuk memastikan kedua hal ini, sedot seperempat bagian air akuarium kemudian diganti dengan air laut baru.

Pemeliharaan Akuarium Ikan Hias Air Laut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar