Selasa, 27 Mei 2014

Cara Perawatan Tanaman Hias Daun di Dalam Pot

Tanaman hias daun di dalam pot dihadirkan di depan atau halaman rumah untuk membuat pemandangan rumah semakin cantik. Pemandangan pun terasa lebih sejuk dengan keberadaan tanaman ini. Terbatasnya ruang pada tanaman dalam pot membuatnya membutuhkan perhatian lebih khusus daripada tanaman yang ditanam di ruang terbuka. Adapun cara-cara perawatannya adalah sebagaimana yang akan dijelaskan berikut ini.
Cara Perawatan Tanaman Hias Daun di Dalam Pot

Macam cara perawatan tanaman hias daun

Perhatikan media tanam
Tanaman memerlukan sirkulasi udara yang bagus. Alasan ini membuat cara penanaman pada tanaman hias daun dalam pot berbeda dengan penanaman di lahan terbuka. Bila media tanam hanya menggunakan tanah, semakin lama tanah akan mengering sebab aliran udara tidak ada. Tanah perlu dicampur dengan media lain seperti sekam, kokopit, kompos, atau pupuk kandang. Selain, itu lapisi bagian bawah pot dengan styroform agar air dapat mengalir dengan baik.
Perhatikan pertumbuhan tanaman
Tanaman seperti anturium bisa besar dalam waktu beberapa bulan. Semakin besar tanaman, berarti semakin besar pula wadah yang dibutuhkan. Oleh karena itu, awasi dengan cermat pertumbuhan tanaman dan segera pindahkan tanaman saat diperkirakan sudah tidak cukup lagi diletakkan di pot yang kecil.
Perhatikan tingkat cahaya matahari yang dibutuhkan
Beda tanaman beda pula kebutuhannya akan cahaya matahari, apakah perlu diteduhkan, mendapatkan cahaya matahari sedang, ataupun penuh. Namun demikian, secara umum tanaman harus dengan rutin dikeluarkan dari tempatnya yang teduh untuk mendapatkan cahaya matahari.
Membersihkan daun
Tanaman hias daun harus diperhatikan dengan seksama perawatannya. Setiap helai daun tanaman perlu dibersihkan setidaknya satu kali setiap dua minggu. Ini akan membuat permukaan daun menjadi mengkilat, bersih, dan sehat.
Menyemprot secara rutin
Penyemprotan terhadap tanaman hias perlu dilakukan secara rutin, namun tidak terlalu sering. Masa penyemprotan yang paling penting adalah masa-masa ketika tanaman sangat rentan terhadap hama dan penyakit seperti di musim hujan. Selain itu pemberian pupuk NPK secara rutin juga bisa dilakukan setiap sekali sebulan.

Jika perawatan tanaman hias daun di atas dilakukan secara rutin dan cermat, tanaman pun akan menambah keindahan rumah. Cara perawatan di atas memperlihatkan betapa cara perawatan tanaman di dalam pot, sangat berbeda dengan tanaman yang ditanam di lahan terbuka. Cara tersebut tidak terlalu sulit dilakukan, apalagi bagi mereka penggemar tanaman hias. 

Selain sebagai hoby yang menyenangkan, tanaman hias jika di explore lebih lagi maka akan sekaligus menjadi bisnis yang menguntungkan. Cobalah memulai menerapkan cara perawatan tanaman hias diatas pada tanaman di rumah anda dan rasakan sensasi kepuasan dari hobby anda.

Cara Perawatan Tanaman Hias Daun di Dalam Pot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar