Selasa, 03 Desember 2013

Cara Budidaya Jamur Tiram Untuk Pemula

Cara Budidaya Jamur Tiram Untuk Pemula - Sebelum melakukan penanaman jamur tiram, hal-hal yang penunjang budidaya jamur tiram pun harus sudah tersedia, yaitu seperti rumah kumbung baglog, biit jamur tiram, rak baglog, bibit jamur serta peralatan budidaya. Usahakanlah menggunakan bibit jamur tiram bersertifikat yang bisa dibeli dari petani lainnya maupun dinas pertanian setempat. Untuk mengoptimalkan hasil budidaya jamur tiram pada dataran rendah bisa dilakukan dengan memodifikasi bahan, media serta takarannya, yaitu dengan menambahkan atau mengurangi takaran setiap bahan dari standar pada umumnya.


Budidaya jamur tiram tidak bisa lepas dari yang namanya media tumbuh dan Sebagai media tumbuhnya jamur tiram, serbuk gergaji berguna sebagai penyedia nutrisi bagi jamur. Kayu yang dipakai sebaiknya kayu keras sebab serbuk gergaji kayu jenisini sangatlah berpotensi dalam meningkatkan hasil dari panen budidaya jamur tiram nantinya.  Hal tersebut dikarenakan kayu keras banyak memiliki kandungan selulosa yang diperlukan oleh jamur. Sebelum dipakai sebagai media menanam jamur tiram, kayu harunyas dikompos lebih dulu supaya dapat terurai jadi senyawa yang lebih sederhana, jadi lebih mudah untuk dicerna oleh jamur. Proses pengomposan serbuk kayu bisa dilakukan dengan cara menutupinya dengan plastik ataupun terpal selama 1 hingga 2 hari. Pengomposan akan berlangsung dengan baik bila terjadi kenaikan suhu sekitar 50 derajat Celcius. Selai serbuk kayu, bisa juga menggunakan ampas, seperti ampas kopi, ampas tebu, ampas kertas atau  ampas teh. Namun begitu, serbuk gergaji kayu dinilai merupakan yang terbaik sebagai cara budidaya jamur tiram.

Di dalam budidaya jamur tiram, hal yang mesti diperhatikan yaitu untuk menjaga suhu serta kelembaban ruang supaya tetap pada standar yang diperlukan. Bila cuaca lebih panas, kering atau berangin, tentu akan dapat mempengaruhi suhu serta kelembaban di dalam kumbung sehingga air akan cepat menguap. Jika demikian, sebaiknya frekuensi penyiraman jamur tiram ditingkatkan. Bila suhu terlalu tinggi serta kelembaban kurang, dapat membuat tubuh jamur jadi sulit tumbuh dan bahkan tak dapat tumbuh. Oleh karenanya, aturlah pula sirkulasi udara dalam kumbung supaya jamur tiram tak cepat layu atau mati. Pengaturan sirkulasi bisa dilakukan dengan cara menutup sebagian lubang sirkulasi saat angin tengah kencang. Sirkulasi bisa dibuka semua saat angin sedang dalam kecepatan yang normal. Akan tetapi, yang terpenting yaitu janganlah sampai jamur tiram kekurangan udara segar.

Memang di dalam usaha budidaya jamur tiram tidak selalu mulus dalam pelaksanaannya, tentunya akan banyak kendala disana sini, kesulitan dan tantangan untuk terus tekun dalam menjalankan budidaya jamur timur merupakan salah satu kunci sukses dalam budidaya ini.Semua kerja keras pasti akan terbayarkan pada akhirnya.

Sedangkan untuk pengelolaan hasil budidaya jamur tiram ini sangat bervariasi, mulai dengan anda bisa menjualnya secara langsung hasil panen budidaya jamur tiram anda kepada para pedagang di pasar konvensional maupun modern. Selain itu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik maka anda bisa meningkatkan nilai ekonomis hasil panen jamur tiram anda dengan membuka gerai penjualan jamur crispy misalnya...maka nilai hasil panen anda akan jauh lebih baik dan bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Demikianlah ulasan mengenai cara budidaya jamur tiram dari saya,simak juga ulasan kami lainnya mengenai budidaya budidaya yang cukup menarik.

Cara Budidaya Jamur Tiram Untuk Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim

0 comments:

Posting Komentar