Jumat, 20 Desember 2013

Cara Budidaya Tomat Dalam Polybag

Cara Budidaya Tomat Dalam Polybag - Tomat adalah jenis buah sayuran yang banyak dikonsumsi, sehingga permintaan terhadap sayur ini cukup banyak. Dengan demikian, budidaya tomat pun cukup menjanjikan. Budidaya tomat tidak terlalu sulit, karena tidak harus dengan lahan yang luas. Karna saat ini sudah banyak cara untuk membudidayakan tomat. Salah satunya adalah cara budidaya tomat dalam polybag. Nah, berikut adalah tips dan cara selengkapnya :


cara menanam tomat dalam polybag

Wadah Tanaman
Wadah tanaman adalah hal yang perlu dipersiapkan pertama kalinya. Anda dapat memakai plastik, wadah bekas ataupun polybag untuk membudidayakan tomat. Sesuda Anda menentukan wadah yang akan dipakai, langkah berikuttnya yaitu mengisikan tanah pada wadah tersebut. Tanah yang dipakai baiknya adalah tanah hitam gambut, sebab tanah jenis ini akan menjaga kesuburan tomat yang nantinya akan ditanam. Tanah yang telah disiapkan campuri dengan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan tanah dan pupuk 70:30 untuk sebuah polybag. Buatlah beberapa lubang kecil di sisi bawah wadah sebagai tempat pengeluaran air yang berlebihan di dalam polybag.
Proses Penyemaian Bibit
Langkah berikutnya dalam budidaya tomat yaitu menyemiakan bibit tomat. Semailah biji tomat di sebuah tempat khusus, misalkan sebidang tanah. Taburkanlah bibit tomat tersebut, perhatikanlah kelembaban tanah di lokasi penyemaian bibit tomat. Sesudah bibit tomat bertunas, maka sebaiknya kita memindahkannya satu persatu ke wadah kecil yang lain. Hal ini bertujuan sebagai proses dari pembiasaan bibit muda yang baru bertunas itu.
Proses Penanaman
Sesudah bibit tunas tomat panjangnya sekitar 10 cm, baru dipindahkan ke dalam polybag yang telah disiapkan sebelumnya. Dalam proses pemindahan bibit tomat yang sudah mulai besar, sedikit berhati-hatilah. Jangan sampai akar tomat terputus saat proses pencabutan dari tanah untuk dipindah ke dalam polybag. Sebaiknya, proses pemindahan bibit tomat ke polybag dilaksanakan di sore hari agar bibit tidak layu.
Perawatan Tomat
Sesudah proses penanaman usai, langkah selanjutnya yaitu melakukan perawatan tanaman tomat serta memperhatikan pola kembangnya. Bila batang tomat telah mulai memanjang sebaiknya berikan penyanggah dengan kayu untuk menegakkan batang tomat agar tidak roboh. Selanjutnya, Anda perlu rutin memperhatikan kelembaban tanah dalam polybag. Lakukanlah penyiraman sebanyak tiga kali sehari, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari batang tomat agar tidka kering. Bila tanaman tomat terlihat kurang subur, Anda dapat menambahkan pupuk kandang atau pupuk kompos ke dalam polybag. Selain itu, hama yang mengancam juga perlu diperhatikan.
Panen
Bila semua cara budidaya tomat dalam polybag dilakukan dengan benar, maka tidak butuh lama untuk memanen hasil jerih payah Anda. Biasanya tomat sudah dapat dipanen saat berusia 3 bulan. ngan ini Anda jadi lebih mengetahui cara membududayakan tomat dengan baik dan benar.

Cara Budidaya Tomat Dalam Polybag Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim

0 comments:

Posting Komentar