Sabtu, 17 Mei 2014

Cara Menanam Padi Organik Yang Baik Untuk Kesehatan

Padi menjadi makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia. Cara menanam padi di Indonesia banyak yang menggunakan pupuk kimia. Padahal pupuk kimia dapat mengganggu keseimbangan lingkungan. Terlalu sering menggunakan pupuk kimia dapat membunuh salah satu komponen rantai makanan yang terdapat dalam ekosistem sawah. Meskipun terdapat salah satu anggota rantai makanan yang dapat merusak padi.
Cara Menanam Padi Organik Yang Baik Untuk Kesehatan

Saat ini terdapat cara menanam padi dengan menggunakan pupuk organic. Dengan menggunakan pupuk organic, akan menghasilkan padi organic. Jenis padi ini memiliki harga yang mahal dibandingkan dengan padi pada umumnya. Hal ini karena kandungan nutrisinya jauh lebih baik dibandingkan dengan padi biasa. Saat ini banyak orang yang mencoba untuk mengkonsumsi segala macam bahan-bahan makanan yang tidak mengandung bahan kimia.
Cara menanam padi organic terdiri dari beberapa tahap, antara lain:
Tahap persiapan
Dalam tahap ini dilakukan pembersihan lahan dan pengolahan tanah yang akan ditanam. Pembersihan ladang yang akan digunakan untuk menanam bertujuan agar ladang terhindar dari berbagai jenis gulma yang tumbuh. Dengan begitu, tanaman padi yang ditanam akan tumbuh dengan optimal. Pengolahan tanah dilakukan dengan memberikan pupuk organic untuk mempersiapkan nutrisi yang dibutuhkan oleh padi. Pengolahan tanah juga dilakukan dengan memetak tanah menjadi lebih rapi. Proses merapikan tanah biasanya dengan menggunakan traktor.
Penanaman
Pada tahap ini benih yang sudah disemaikan ditanam pada ladang yang sudah dirapikan. Penanaman harus dilakukan dengan baik agar hasilnya juga maksimal.
Tahap perawatan
Tahap ini membutuhkan ketelatenan. Menanam padi organic secara otomatis perawatannya juga menggunakan obat-obatan yang organic sehingga aman untuk lingkungan. Berbagai macam pupuk organic yang digunakan untuk membasmi hama yang dapat merusak tanaman padi.

Cara menanam padi organic harus dilakukan dengan sebaik mungkin agar padi yang dihasilkan dapat melimpah. Dengan begitu, omset penjualan padi Anda akan meningkat meskipun menggunakan pupuk organic. Perawatan padi organic memang lebih rumit dibandingkan dengan padi biasa. Untuk membasmi hama seperti tikus, Anda dapat menggunakan musuh alami dari tikus untuk membasminya. 

Cara Menanam Padi Organik Yang Baik Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar